penyebab dan cara mengatasi gagal upload file google form

Cara Mengatasi dan Penyebab Gagal Upload File Google Form

Soalmedia.com – Gagal upload file di Google Form. Apa kamu sedang mengalami gagal upload file di google form? Apa kamu bingung penyebab kenapa gagal upload file di google form?

Tenang saja sobat solmed, kami hadir disini tentunya membawakan sebuah solusi untuk mengatasi masalahmu saat ini. Disini kami menjelaskan kemungkinan penyebab kenapa kamu gagal upload file dan kamu tak lupa memberi tips agar file yang kamu upload di google form berhasil.

Formulir online seperti Google Form memang akhir-akhir ini sering kita gunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu kegunaan Google Form yaitu untuk mengumpulkan data berupa file baik file ulangan, tugas, bukti kehadiran dan sebagainya.

Namun terkadang muncul beberapa kendala yang menyebabkan kita gagal upload file di google form. Entah apa itu penyebabnya, membuat kita sering terlambat mengumpulkan gara-gara masalah ini.

Bila kamu penasaran kira-kira apa sih penyebab gagal upload file di google form dan apa sih solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa simak selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Kemungkinan Penyebab Gagal Upload File Google Form

Berdasarkan pengalaman kami ditambah beberapa sumber yang kami dapatkan, ada beberapa penyebab kenapa kamu gagal upload file di google form. Adapun sebabnya adalah:

1. Format File yang di Upload Tidak Sesuai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan jenis atau format file yang didukung untuk di upload ke Google Form. Pastikan kamu mengupload file sesuai format yang didukung untuk di upload.

Adapun daftar format file yang disediakan oleh google form sendiri sangat bervariasi mulai dari PDV, video, Presentasi, Gambar, Audio, Dokumen, hingga Spreadsheet,.

Biasanya orang yang membuat google form akan menentukan jenis file apa saja yang diizinkan di upload. Jadi untuk memastikan lagi, kamu bisa tanyakan ke guru, dosen atau siapapun yang membuat formulir Gform tersebut perihal file apa saja yang diizinkan di upload saat membuat Google Form.

Baca juga: Cara Memindahkan Hasil Jawaban Google Form ke Excel

2. File yang di Upload Terlalu Besar

Kemungkinan selanjutnya yang menyebabkan kamu gagal upload file di google form adalah faktor ukuran file yang terlalu besar. Dalam membuat google form, pembuat formulir bisa mengatur maksimal ukuran file yang bisa diupload.

Jadi bila kamu memiliki file dengan ukuran yang melebihi batas maksimal file yang bisa di upload, maka pesan kesalahanpun akan muncul.

Adapun ukuran maksimal yang ditawarkan untuk bisa di upload diantaranya adalah 1 MB, 10 MB, 100 MB, hingga 10 GB.

3. File yang di Upload Rusak (Corrupt)

Faktor penyebab kamu gagal upload file kemungkinan dikarenakan file yang kamu upload rusak atau corrupt. Untuk memastikannya apakah file yang kamu miliki rusak atau tidak , kamu bisa mencoba buka file tersebut kemudian jika file tersebut tidak bisa dibuka boleh dipastikan bahwa file rusak.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Terakhir dan merupakan kesalahan yang paling umum dan sering terjadi yaitu karena faktor sinyal atau koneksi internet yang kurang stabil. Kenapa hal ini berpengaruh? Karena saat melakukan upload kita membutuhkan perangkat yang terhubung dengan internet.

Bila tidak terhubung dengan internet maka file yang kamu upload pasti akan gagal atau tidak terupload dengan sempurna.

Baca juga: Cara Membuat Pertanyaan Logika Bercabang Google Form

Tips Mengatasi Gagal Upload File Google Form

Untuk mengatasi gagal upload file di Google Form, disini kami memiliki solusi yang bisa kamu lakukan dan pertimbangkan diantaranya adalah:

1. Pastikan Format File Sesuai

Untuk mengatasi permasalahan ini, hal pertama yang bisa kamu lihat yaitu dengan memastikan jenis atau format file yang kamu upload agar sesuai dengan jenis file yang diizinkan oleh si pembuat formulir.

Kamu bisa menanyakan langsung kepada si pembuat formulir terkait jenis file apa saja yang diizinkan untuk di upload saat membuat formulir.

Jika formatnya tidak sesuai atau bahkan tidak didukung untuk di upload pada google form, kamu bisa ekstrak file yang akan di upload menjadi RAR atau ZIP barulah kamu upload filenya ke google formulir.

2. Pastikan Ukuran File Tidak Terlalu Besar

Untuk solusi selanjutnya kamu bisa memastikan ukuran file yang kamu upload tidak melebihi batas maksimal yang ditentukan oleh si pembuat formulir.

Kamu bisa menanyakan langsung kepada si pembuat formulir terkait ukuran file maksimal yang ditentukan saat membuat formulir apakah 1 MB, , 10 MB atau yang lainnya.

Jika memang file yang kamu miliki besar, kamu bisa meminta orang yang membuat formulir untuk merubah batas maksimal file yang bisa diupload.

Jika tidak, kamu bisa kompres terlebih dahulu file yang kamu miliki menjadi ukuran yang lebih kecil kemudian masukan kedalam format rar agar ukurannya semakin kecil.

3. Pastikan File Tidak Rusak

Pastikan file yang kamu upload ke google form tidak corrupt karena bila file tersebut rusak biasanya Google Form tidak bisa menguploadnya dan akan muncul pesan kesalahan.

Kamu bisa mengatakan file tersebut rusak bila kamu gagal membukanya. Untuk mengatasinya salah satu caranya kamu bisa membuat file baru terlebih dahulu baru kamu upload ke google form dengan file baru tersebut.

4. Perhatikan Koneksi Internet

Kamu harus memperhatikan apakah koneksi internet pada device yang kamu gunakan bermasalah atau tidak. Bila memang koneksi internetnya bermasalah, sebisa mungkin kamu harus mengembalikan koneksi tersebut agar terhubung dan stabil kembali.

Kamu bisa menempatkan devicemu pada ruangan yang terbuka agar lebih mudah mendapatkan sinyal atau kamu bisa mengganti jaringan pada device mu dengan koneksi yang lebih stabil untuk menguploadnya.

Baca juga: Cara Mengacak Soal dan Jawaban Pilihan Ganda Google Form

5. Upload Melalui Google Drive Sebagai Perantara

Jika cara diatas tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara berikut agar kamu bisa upload file di google form. Untuk melakukannya kita membutuhkan perantara Google Drive sebelum menguploadnya ke Google Form. Adapun caranya adalah:

Step 1 : Upload File ke Google Drive yang kamu miliki terlebih dahulu.

Step 2 : Kini kamu kembali ke Google Form kemudian tekan tombol “Upload file”.

Step 3 : Masuk ke bagian “Google Drive”.

Step 4 : Cari file yang kamu upload ke Google Drive sebelumnya.

Step 5 : Tunggu beberapa saat hingga file berhasil diupload ke Google Form.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa hal yang bisa kami sampaikan terkait penyebab dan cara mengatasi gagal upload file di google form. Nantikan ulasan menarik kami lainnya ya!! file yang dipilih tidak didukung untuk di upload, kenapa file pdf tidak bisa di upload file di google drive, form, cara, tidak bisa upload file, video di google form, semua file anda gagal di upload di upload silahkan coba lagi atau hapus file yang gagal, cara mengatasi batas maksimum ukuran file terlampaui di google form, kenapa tidak muncul upload file di google form.