membuat dashboard excel

Panduan Cara Membuat Dashboard Excel Praktis!

Soalmedia.com – Hallo sob, apa kamu sedang mencari tahu bagaimana cara membuat dashboard dengan menggunakan Excel untuk keperluan analisis datamu agar mudah diolah?

Tenang saja guys, disini kami akan menjelaskan beberapa panduan untuk kamu memulia membuat dashboard pertamamu dengan menggunakan Microsoft Excel.

Kebanyakan orang berpikir bahwa excel hanya bisa digunakan sebagai media penyajian data berupa tabel dan angka, chart sederhana, hingga pengoperasian rumus saja.

Namun kamu tau ga sih sebenarnya Excel bisa lebih power full dari pada itu loh. Kamu bisa membuat sebuah dashboard excel dimana dashboard ini bisa merepresentasikan datamu yang jumlahnya sangat banyak itu dalam tampilan yang lebih menarik dan enak dibaca.

Dalam membuat Excel Dashboard kamu bisa menggunakan yang namanya Pivot Table, Pivot Chart, Insert Slicer, bahkan Insert Timeline agar dashboard yang dibuat lebih dinamis.

Dibawah ini kami akan mengajak kamu untuk memahami dasar dari pembuatan dashboard Excel. Selengkapnya simak dibawah ya!!

Baca juga: Cara Membuat Nota Penjualan di Excel + File Download

1. Pivot Tabel

Pivot Tabel merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Excel dan memungkinkan kamu dapat mengambil data dengan cepat dari jumlah data yang sangat banyak. Pivot Tabel berfungsi sebagai alat untuk melakukan pengelompokan hingga perangkuman terhadap sebuah data.

Sebelum membuat pivot tabel pastikan kamu memiliki datanya terlebih dahulu yang tersimpan dalam format Excel. Adapun syarat dari kumpulan data tersebut yaitu terdapat judul kolom pada satu jenis data, tidak ada cell yang dimarge pada sebuah tabel, dan tidak ada kolom maupun baris yang kosong.

Bila beberapa syarat diatas sudah kamu siapkan, sekarang mari kita buat pivot tabel dibawah:

Langkah 1 : Pilihlah range data yang ingin dianalisis atau dibuat di pivot table.

Langkah 2 : Masuk ke menu Insert, lalu pilih opsi Insert Pivot Tabel.

Langkah 3 : Akan muncul dialog baru dan pilih New Worksheet kemudian Ok.

Langkah 4 : Kamu akan diarahkan ke dalam Sheet baru untuk melakukan analisa datanya.

Langkah 5 : Centang saja bagian judul data yang ingin di tampilkan datanya di pada sidebar sebelah kanan atau kamu bisa drag n drop judul data pada kolom dibawahnya.

2. Pivot Chart

Pivot Chart merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Excel yang berfungsi untuk mengolah menyajikan data dalam bentuk grafik. Adapun cara menggunakannya yaitu:

Langkah 1 : Siapkan data excel yang ingin di analisa.

Langkah 2 : Blok tabel sesuai data yang ingin dianalisa.

Langkah 3 : Masuk ke menu Insert, pilih opsi Insert Pivot Chart.

Langkah 4 : Centang judul atau drag n drop pada kolom yang tersedia untuk mulai mengolah datanya.

Baca juga: Cara Membuat Excel Online di Google Drive (Spreadsheet)

3. Insert Slicer

Insert Slicer merupakan sebuah fitur yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk melakukan filter table, filter pivot tabel hingga filte pivot chart. Adapun untuk menggunakannya kamu bisa ikuti cara dibawah:

Langkah 1 : Siapkan data excelnya terlebih dahulu.

Langkah 2 : Blok data yang ingin dianalisa.

Langkah 3 : Masuk ke menu Insert kemudian masuk terlebih dahulu kemenu pivot tabel atau pivot chart.

Langkah 4 : Pilih menu Slicer.

Langkah 5 : Akan muncul dialog baru kemudian ceklist saja pada judul setiap kolom yang ingin ditampilkan lalu tekan Ok.

Langkah 6 : Maka akan nampak data yang kamu pilih sudah terbagi menjadi bagian yang berbeda.

Baca juga: Cara Upload File Excel ke Google Spreadsheet

4. Insert Timeline

Insert Timeline merupakan sebuah fitur yang sangat bermanfaat banget dimiliki oleh Microsoft Excel yang memungkinkan kamu menambahkan tanggal dan waktu dari sebuah tabel, pivot tabel, bahkan pivot chart. Adapun untuk menggunakannya kamu bisa lihat caranya dibawah:

Langkah 1 : Siapkan data excelnya terlebih dahulu.

Langkah 2 : Seleksi data yang ingin diberi fitur Timeline.

Langkah 3 : Pilih opsi Timeline.

Penutup

Itulah tadi beberapa pedoman dasar yang harus kamu kuasai sebelum membuat dashboard di excel. Semoga pembahasan kami kali ini cukup jelas dipahami dan nantikan pembahasan terupdate kami lainnya ya!! free, membuat, download contoh dashboard speedometer, monitoring, excel dengan macro, templaye xls, gratis.

Kata kunci
cara m3mbuat dasbord