cara membuat rekomendasi video youtube

Cara Membuat Rekomendasi Video di YouTube Terbaru

Soalmedia.com – Cara Membuat Video Direkomendasikan di YouTube. Apa kamu sedang mencari tahu bagaimana caranya membuat rekomendasi video YouTube di layar akhir atau sebagai card di pojok kanan atas?

Tenang sob, dibawah ini kami sudah menuliskan tutorial tersebut yang tentunya akan mempermudahmu dalam berkonten di YouTube.

Selain membuat video dengan konsep dan editing yang menarik, konten kreator juga harus kreatif dalam melakukan promosi setiap videonya.

Salah satu promosi yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat video direkomendasikan pada video YouTube lainnya.

Rekomendasi video di YouTube biasanya dilakukan dalam bentuk kartu dipojok kanan atas dan rekomendasi di bagian akhir video.

Untuk membuat rekomendasi semacam itu mungkin untuk para creator pemula akan cukup membingungkan. Untuk mengatasi kebingungan kalian, kami sudah membuat ulasan lengkapnya dibawah ini tentang cara membuat rekomendasi video YouTube.

Baca: Cara Setting YouTube Aman Untuk Anak di HP, Laptop, dan TV

Cara Membuat Video Rekomendasi YouTube Card (i)

Dibagian ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya membuat video direkomendasikan di YouTube yang letaknya berada di pojok kanan atas atau biasa kita sebut dengan rekomendasi kartu (i).

  1. Masuk ke dalam YouTube Studio bisa menggunakan aplikasi di HP atau melalui situsnya. Pada tutorial ini kami menggunakan laptop sebagai medianya, jadi untuk yang menggunakan HP bisa menyesuaikan saja tutorialnya.
  2. Setelah terbuka, pada bagian sidebar kiri klik menu “Konten”.
  3. Akan terbuka list video yang sudah kamu upload. Sekarang cari video yang ingin ditambah rekomendasinya.
  4. Jika sudah ketemu, arahkan kursor pada video tersebut lalu akan muncul beberapa ikon kemudian pilih ikon pensil bertuliskan “Detail”.
  5. Kamu akan di bawa ke halaman pengeditan video, lalu scroll kebawah kemudian kamu akan menemukan opsi “Kartu (i)” dibagian kanan layar lalu tekan opsi tersebut.
  6. Akan muncul dialog pengeditan dan dibagian bawah terdapat preview videonya. Disini tugasmu memposisikan dulu dimana atau dimenit berapa video rekomendasi akan ditampilkan dengan menggeser bar yang tersedia.
  7. Jika posisi bar sudah ditempatkan pada posisi yang sesuai, klik ikon “+” di samping kiri preview videonya.
  8. Pop up kecil akan muncul yang berisi 4 macam jenis rekomendasi kemudian kita pilih opsi “Video”.
  9. Pop up baru akan muncul kemudian pilih video yang ingin kamu tambahkan sebagai rekomendasi bisa dari daftar video yang pernah kamu upload atau video orang lain.
  10. Setelah video dipilih, otomatis rekomendasi video akan ditambahkan.
  11. Kamu bisa mengubah tulisan rekomendasinya sesuai keinginan dibagian “Teks teaser (optional)”
  12. Kamu juga bisa menambahkan rekomendasi selanjutnya pada menit yang lain.
  13. Jika pengeditan selesai dilakukan, klik tombol “Simpan” dipojok kanan atas.

Sekarang kamu sudah berhasil membuat video rekomendasi YouTube berupa kartu yang posisinya berada di pojok kanan layar video. Untuk yang ingin tahu bagaimana caranya membuat video rekomendasi di akhir video caranya bisa kalian lihat dibawah ini.

Catatan : Selain merekomendasikan video, cara ini juga bisa digunakan untuk merekomendasikan playlist, channel, ataupun Link.

Baca: Cara Upload Video YouTube dari Google Drive Terbaru!

Cara Membuat Video Rekomendasi YouTube Layar Akhir

Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya membuat video direkomendasikan disetiap akhir video seperti orang-orang, kamu bisa belajar cara membuatnya pada tutorial kali ini. Untuk membuatnya tidak jauh berbeda seperti cara sebelumnya selengkapnya bisa kamu simak dibawah ini

  1. Masuk ke YouTube Studio.
  2. Masuk ke menu “Konten”.
  3. Pilih video yang ingin di tambah rekomendasi.
  4. Arahkan kursor pada video dan tekan “Detail” dengan ikon pensil.
  5. Scroll kebawah dan temukan opsi “Layar Akhir” disebelah kanan.
  6. Dialog pengeditan akan terlihat, lalu posisikan di menit berapa rekomendasi akan muncul pada bagian preview di bagian bawah.
  7. Terdapat rekomendasi penempatan posisi elemen terbaik menurut YouTube dibagian kiri atas. Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasinya atau membuatnya secara custom seperti yang akan kita lakukan dibawah.
  8. Tekan ikon “+” bertuliskan “Tambahkan elemen” persis di samping kiri preview.
  9. Pilih opsi “Video”.
  10. Otomatis video akan ditambahkan untuk direkomendasikan. Kamu bisa menentukan video apa yang akan di rekomendasikan bisa video terbaru, video terpopuler, atau video custom.
  11. Kamu bisa melihat dimana posisi rekomendasi video akan di tampilkan pada videomu di bagian kanan atas. Disini kamu bisa menggeser posisinya sesuai keinginan dengan 2x klik, tahan, dan geser.
  12. Jika video rekomendasi ditampilkan terlalu lama, kamu bisa menggeser balok biru videonya sesuai keinginan. (Makin pendek baloknya, makin pendek juga durasinya)
  13. Kamu bisa menambahkanan video lain untuk direkomendasikan dengan klik ikon “+” seperti cara sebelumnya.
  14. Bila pengeditan selesai, kamu bisa tekan tombol “Simpan” dibagian kanan atas.

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan penambahan rekomendasi video dibagian layar akhir video.

Catatan : Selain menambahkan video, ada bebrapa opsi lain yang bisa kamu tambahkan di layar akhir seperti playlist, channel, subscribe, hingga link.

Baca: Cara Download Video YouTube Shorts ke Galeri Tanpa Aplikasi

Penutup

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Rekomendasi video YouTube bisa kamu lakukan di akhir video atau sebagai kartu di pojok kanan atas. Nantikan ulasan menarik kami lainnya ya!! ukuran outro, cara agar, membuat card, end screen, video direkomendasikan di youtube muncul di beranda.